Senin, 04 November 2013

Bidang-bidang di Dunia Akuntansi

1. Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)
Adalah bidang akuntansi yang kegiatannya meliputi neraca, laporan laba rugi, dan laporan perubahan modal atau laporan laba ditahan selama jangka waktu tertentu. Laporan keuangan ini dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang membutuhkan sebagai informasi guna pengambilan keputusan dan kebijakan yang rasional dan relevan .

2. Pemeriksaan Akuntansi (Auditing)
Adalah bidang akuntansi yang melaksanakan kegiatan pemeriksaan terhadap hasil pencatatan dan laporan suatu badan, baik perusahaan maupun pemerintah. Konsep auditing adalah onjektifitas dan independensi dari pemeriksa serta kerahasiaan serta pengumpulan bukti-bukti yang cukup relevan .

3. Akuntansi Manajemen (Management Accounting)
Adalah bidang akuntansi yang bertujuan memberikan informasi kepada manajemen dalam menjalankan usahanya. Banyak ha dalam akuntansi biaya yang data-datanya dimanfaatkan oleh akuntansi manajemen .
Kegunaan akuntansi manajemen adalah mengendalikan kegiatan perusahaan, memonitor arus kas, dan menilai alternatif dalam pengambilan keputusan .

4. Akuntansi Biaya (Cost Accounting)
Adalah bidang akuntansi yang mencatat dan menghitung serta menganalisis data biaya pada perusahaan industri dalam usaha menentukan besarnya harga pokok produksi suatu barang produk . Dengan menggunakan akuntansi biaya akan didapatkan laporan harga untuk menyusun laporan keuangan .
Fungsi utama akuntansi biaya adalah mengumpulkan dan menganalisis data yang berhubungan dengan biaya-biaya baik yangakan terjadi maupun yang sudah terjadi

5. Akuntansi Perpajakan
Adalah bidang akuntansi yang menekankan pada masalah pajak yang harus dibayar oleh perusahaan atau perseorangan kepada pemerintah . Dalam perpajakan akan dibahas tentang hukum-hukum dan perhitungannya dalam usaha menetapkan besarnya pajak tersebut .

6. Penganggaran (Budgeting)
Adalah bidang akuntansi yang melakukan kegiatannya dengan menyusun anggaran, baik pendapatan maupun biayabiaya atas dasar. Anggaran merupakan pedoman bagi perusahaan perorangan atau pemerintah dalam melakukan kegitaan finansialnya .
Anggaran adalah sarana untuk menjabarkan tujuan perusahaan karna anggaran berisi rencana kegiatan yang akan dilaksanakan serta nilai uangnya di masa datang .

7. Akuntansi Pemerintahan
Adalah bidang akuntansi keuangan yang diterapkan di lembaga keuangan pemerintahan . Akuntansi pemerintahan ini bertujuan untuk menyajikan laporan keuangan pengendalian dan pengawasan keuangan pemerintahan/negara . Akuntansi pemerintahan diharapkan dapet mengatur administrasi keuangan negara dengan baik . Akuntansi pemerintahan menyediakan laporan akuntanasi tentang aspek kepengurusan dari administrasi keuangan negara .

8. Sistem Akuntansi (Accounting System)
Adalah bidang akuntansi ang melaksanakan kegiatan dengan merancang cara melakukan pencatatan akuntansi supaya aman efektif dan efisien. Mulai dari mengorganisir dokumen formulir-formulir dan menyusun prosedur pencatatannya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar