Sabtu, 26 Oktober 2013

Aspek yang menentukan kualitas karya tulis

Dalam menentukan kualitas sebuah karya tulis, biasa digunakan dua aspek, yaitu :

A. Penentuan topik yang menarik

Tentunya kita sudah mengetahui bahwa secara umum Topik adalah hal yang paling berperan penting dalam pembuatan karya tulis, tentunya kualitas karya tulis tersebut akan sangat ditentukan dengan menarik atau tidaknya topik dari karya tulis tersebut. Karna topik akan sangat berperan dalam upaya menarik minat para pembaca .

Pemilihan dan penentuan masalah penelitian merupakan awal dari penulisan karya tulis ilmiah, namun pemilihan topik lebih menentukan arah kegiatan penulisan karya tulis yang berikutnya .

Dengan menentukan topik yang menarik maka karya tulis tersebut akan menjadi sangat menarik untuk dibaca. Pemilihan topik ini sangat penting karna topik akan mempengaruhi pembahasan dalam karya tulis tersebut. Pada intinya topik adalah inti utama dari seluruh isi karya tulis yang akan dibuat .
Suatu topik dikatakan menarik jika bahan dari karya tulis yang dibuat akan dapat sangat menjadikan karya tulis tersebut menjadi terlihat lain dari karya tulis yang lain, dan dapat menarik banyak minat pembaca untuk membaca karya tulis tersebut .

B. Mudah dipahami oleh pembaca

Karya tulis yang dibuat mudah dipahami oleh pembaca, artinya karya tulis yang kita buat dapat tersampaikan dengan baik kepada para pembaca, maksud dan isi inti dari karya tulis yang dibuat dapat dengan mudah dimengerti oleh pambaca. Mudah dipahami atau tidaknya sebuah karya tulis ditentukan oleh :
- Bahasa yang kita gunakan dalam menulis karya tulis tersebut .
  Bahasa yang digunakan dalam menulis karya tulis sangatlah berperan pada pemahaman para pembaca,    semakin baku bahasa yang kita gunakan maka akan semakin sulit para pembaca mengerti karya tulis kita,  maka gunakanlah bahasa yang tidak terlalu baku untuk membuat karya tulis, namun hindari juga pemakaian  bahasa yang kurang sopan pada pembuatan karya tulis, seperti bahasa sehari-hari atau biasa kita sebut  dengan bahasa gaul .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar